Advertisement

Main Ad

MENGENAL TEKS ULASAN

 TEKS ULASAN




PERNAHKAH KAMU MENGULAS SEBUAH BUKU, FILM,DRAMA, ATAU LAGU ? APA ITU TEKS ULASAN?


"Teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, atau sebuah buku. Teks ulasan disebut juga dengan resensi. Ketika mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis agar hasil ulasannya dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan karya tersebut.

Ulasan merupakan teks yang berfungsi untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut"


Ciri ciri Teks Ulasan

  • Strukturnya terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.

  • Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk.

  • Opininya berdasarkan fakta yang ada dalam karya yang di ulas

  • Umumnya diakhiri dengan rekomendasi untuk penikmat karya sekanjutnya karya tersebut layak atau tidak untuk dinikmati.

  • Memiliki nama lain yaitu resens



UNSUR-UNSUR TEKS ULASAN

1. Judul

Judul disini ialah judul teks ulasanya. Boleh juga judul teks ulasan menggunakan judul asli dalam buku, atau film yang di ulas. Lebih baik gunakan judul baru yang lebih kreatif dan menarik.

2. Identitas Karya yang di ulas

Judul Buku/Film :

Tahun Terbit/ Tanggal Pementasan/Tahun Rilis:

Penerbit/ Penyelenggara/Rumah Produksi:

Jumlah Halaman/Durasi Film:

Ukuran tebal buku/ Pemain /Pemeran

3. Isi teks Ulasan 

Isi teks ulasan berisi tentang orientasi Sinopsis/Rangkuman, dan Evaluasi.



CONTOH TEKS ULASAN


1. IDENTITAS RESENSI:

JUDUL BUKU : Teknik Seni Bermain Gitar

PENGARANG :Famoya

PENERBIT :Terbit Terang Surabaya

TAHUN TERBIT :1999

UKURAN DIMENSI BUKU :20 x 14 cm

TEBAL BUKU : 80 halaman


2. PENDAHULUAN

Gitar merupakan sebuah alat musik yang sangat populer dengan “Gitaris” sebagai sebutan untuk pemain gitar. Getar nurani menjadi seorang gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi meluap tak kenal waktu, yang mungkin sejenis akademi hanya sebatas formalitas belaka, akan tetapi nurani darah seni lebih memotivasi yang dicita – citakan.



3. ISI RESENSI

Gitar adalah alat musik dengan bentuk yang sering disamakan dengan body wanita dan menghasilkan melodi yang indah dengan cara memetik senarnya. Bentuk body gitar mempengaruhi baik dan tidaknya suara gitar. Dalam bermain gitar tidak hanya berpedoman teori nada minor dan mayor, melainkan dengan ketajaman feeling dan menyetem senar gitar. Selain itu untuk menghasilkan melodi yang indah tidak bisa asal petik, tapi menggunakan nada dasar pada accord dan menentukan kunci nada. Kunci nada dalam sebuah lagu harus sesuai dengan kemampuan suara penyanyi. Dengan demikian lantunan lagu dapat dinikmati dengan indah.


A. KEUNGGULAN BUKU

TEKNIK SENI BERMAIN GITAR ini merupakan buku yang menarik. Itu terletak pada bab Body Gitar yang menjelaskan cara memilih gitar dan bab Acord dan Kunci Nada yang memberikan sugesti bahwa tanpa melihat accord nada tertentu, mendengar suaranya saja akan mampu membedakan jenis nada.

Saat mencerna maksud dari isi yang dibahas, buku ini menggunakan bahasa gaul yang mudah dimengerti. Selain itu, Penggunaan EYD sudah cermat.


Setelah dibaca, ternyata buku ini memiliki keunggulan tersendiri yaitu sampul buku yang bagus dan gambarnya sesuai dengan isi buku ini sehingga menarik perhatian untuk dibeli. Selain itu, buku ini juga menyertakan gambar kunci nada serta tabel accord agar para pemula dapat memahami cara bermain gitar. Buku ini juga menyertakan daftar lagu yang tergolong mudah untuk dipelajari dalam bermain gitar bagi seorang pemula.


B. KEKURANGAN BUKU: - (TIDAK DITEMUKAN)

PENUTUP BUKU

Saran saya setelah membaca buku ini anda diharapkan dapat mempelajari teknik bermain gitar dengan baik dan benar serta memanfaatkan kemampuan anda sebagai modal untuk mencari uang.



KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKS ULASAN 


A. Kelebihan

Kelebihan yang dibahas dalam karya yang diulas, bisa berupa keunggulan , kelebihan bisa dilihat dari segi fisik  buku, bahasa, sinemagrafi padafilm, biasanya disampaikan dalam bentuk pujian atau penghargaan


B. Kekurangan

Memaknai kekurangan ketidakcukupan, kuran lengkap tepat dan sebagainya, bisa dilihat dari perbandingan karya yang lainya atau sejenis, isi buku , kertas, atau pengambilan gambarnya, atau bahasanya DLL. Biasanya disampaikan dengan saran dan kritik yang membangun.


ASPEK YANG DINILAI KELEBIHAN ATAU KEKURANGANYA


  • kekurangan unsur-unsur yang diulas.

  • Kejelasan penyampaian pesan yang diulas.

  • Penggunaan bahasa dalam karya yang diulas

  • Kejelasan mengenai keunikan /kekhasan karya yang diulas

  • Tampilan fisik karya yang diulas



klik materi lanjutan ===> (Klik Disini)
klik ppt materi ===> (klik Disini)

Post a comment

0 Comments